P3M Dorong Dosen Lakukan Riset

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) akan menyemarakkan kajian ilmiah di lingkungan IAI Ibrahimy. P3M secara rutin akan menyelenggarakan diskusi bagi para dosen IAII. Hasil diskusi tersebut kemudian akan dipublikasikan di jurnal Lisanul Hal. P3M juga akan memfasilitasi para dosen IAII yang akan mengadakan penelitian dan pengabdian masyarakat.
Demikian salah satu kesimpulan dari rapat pengurus P3M, para pimpinan IAII, dan Fakultas malam Selasa kemarin. P3M sebagai ruh dari kegiatan ilmiah di lingkungan IAII dalam waktu dekat ini akan mengadakan rapat dengan para dosen tetap IAII untuk merumuskan lebih lanjut tentang kajian ilmiah tersebut. Sebab kajian ilmiah tersebut termasuk tugas dari Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satu kewajiban dosen, terutama yang telah tersertifikasi, adalah menulis di Jurnal. Karena itu P3M akan memfasilitasi karya para dosen dan akan mempublikasikannya di Jurnal Lisanul Hal.
Kegiatan diskusi tersebut merupakan salah satu tawaran untuk mengatasi minimnya naskah yang masuk ke redaksi Lisanul Hal, sebuah jurnal yang dikelola P3M. Dr. Abu Yasid, pemimpin jurnal Lisanul Hal mengemukakan, salah satu alternatif yang lain adalah melakukan resume terhadap karya ilmiah dosen yang lain. Misalnya, tesis dan disertasi. Atau menyunting ulang skripsi yang telah dibimbing para dosen. Tentu dalam sunting ulang tersebut, juga harus mencantumkan nama mahasiswa yang dibimbingnya agar tidak melanggar etika dalam tulis-menulis.
Rapat Selasa malam tersebut merupakan rapat perdana sejak P3M dipimpin Khoriyanto, M.Pd.I. Pembantu Rektor I, Dr. Wawan Juandi berharap dengan adanya ketua P3M yang masih muda, kinerja P3M akan meningkat. (sah)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah