Pondok Pesantren Sukorejo Dikacau 26 Pemantau Ilegal

Keamanan Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, akhirnya mengamankan 26 orang pemantau Pilkada illegal. Mereka yang rata-rata mahasiswa ini, melakukan pemantauan di TPS lingkungan pondok pesantren, meski tidak mengantongi surat registrasi sebagai pemantau dari komisi pemilihan umum.

Pemantau tersebut mengaku berasal dari Forum Independen Kerakyatan dan Keadilan Rakyat Indonesia, Fikri, dan Sentral Mahasiswa Demokrasi, SMD.

Menurut petugas Keamanan Pondok Pesantren, Suyono Abdul Karim, aksi mereka sudah mencurigakan petugas sejak rombongan datang sekitar jam 7 pagi. Mereka diangkut oleh mobil jenis Izuzu Panther dan sebagian lagi memakai memakai sepeda motor. Kedatangan mereka yang mengaku sebagai pemantau langsung ditolak oleh petugas, karena tidak mengantongi identitas sebagai pemantau dari KPU.

Namun meski ditolak, beberapa jam kemudian petugas keamanan menemukan mereka sudah beredar di 17 TPS dilingkungan pondok.

Menurut Drs. Fauzi Alco, MPdI, Humas Pondok Pesantren Sukorejo, bahwa kedatangan pemantau ilegal ini jelas meresahkan warga yang hendak ke TPS. Bahkan banyak masyarakat yang mengadu bahwa aksi mereka bukan saja meresahkan, tapi sampai memlototi masyarakat awam yang hendak mencoblos.

Fauzi menjelaskan, pihak keamanan pesantren hanya mengamankan saja, setelah menerima keluhan dari warga. Selanjutnya menurut Fauzi, para penyusup berkedok pemantau ini diserahkan ke Panwalu.

“Sebenarnya pesantren Sukorejo sangat welcome terhadap siapa dan dari mana pun yang hendak melakukan pemantauan, tapi mereka harus tahu mekanisme dan prosedur. Kalau caranya begini, ini bukan lagi kegiatan memantau tapi memprovokasi dan membuat para pemilih tidak tenang dan resah,” terang Fauzi.

Setelah kurang lebih satu jam diamankan di Pondok Pesantren Sukorejo, para penyusup berkedok pemantau ini akhirnya dibawa ke Kantor Kecamatan Banyuputih, sebelum akhirnya di evakuasi ke Kantor Panwas Pemilukada Situbondo.

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah