Kiai Mawardi Ulas Wasiat Kiai As’ad

Haul almarhumain KHR. Syamsul Arfin dan KHR. As’ad Syamsul Arifin yang diselenggarakan Iksass Rayon Kangean amat meriah. Haul tersebut didatangi para tokoh, alim ulama, dan ribuan warga Kangean. Haul tersebut juga dihadiri oleh KHR. Ach. Fawaid As’ad, Pengurus Pusat Iksass alumni, dan dua penceramah KH. Zainullah Jauhar dan KH. Imam Mawardi dari Surabaya.

Kiai Mawardi mengulas tentang salah satu wasiat Kiai As’ad yang terpampang di panggung. Wasiat Kiai As’ad tersebut, “Teruskan perjuangan saya! Sebarkan Tauhid, kenalkan ahlussunnah wal jamaah di masyarakat, dan perjuangankan kepentingan umat,”. Menurut Kiai Mawardi, Nabi Muhammad SAW pertama kali yang disebarkan Nabi Muhammad adalah Tauhid. Nabi Muhammad menanamkan jiwa tauhid selama 11 tahun.

Sedang Kiai Zainullah memaparkan tentang sejarah Kiai As’ad. Beliau mengungkap tentang kewalian Kiai As’ad. Kemudian beliau melanjutkan dengan pembacaan Surat Yasin. Sedangkan acara tahlil dan doa langsung dipimpin KHR. Ach. Fawaid As’ad.

Pengurus Pusat (PP) Iksass Alumni, malam Rabu kemarin mengadakan ta’aruf dan rapat konsolidasi dengan Pengurus Rayon (PR) Iksass Sumenep di Hotel Safari Sumenep. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus Rayon Sumenep dan Subrayon Sumenep. Dari PP Iksass yang hadir adalah Sekretaris Dewan Syuri, Muhyiddin Khatib, Ketua Umum Dewan Tanfidzi, Ali Muhajir, dan sekretaris Dewan Tanfidzi, Syamsul A. Hasan. Acara tersebut juga dihadiri oleh calon bupati Sumenep, KH. Busyro.

Ketua Umum Dewan Tanfidzi, Ali Muhajir menyampaikan beberapa hasil Mubes XIII Iksass di Jember. Sedangkan Muhyiddin Khatib menyampaikan beberapa garis besar kebijakan Pengasuh Pondok Pesantren Sukorejo, KHR. Ach. Fawaid As’ad, termasuk dalam masalah Pilbup Sumenep. Menurut Muhyiddin, Kiai Fawaid menyerahkan sepenuhnya pemilihan dalam pilbup Sumenep kepada para pengurus Rayon Iksass Sumenep.

Pada acara tersebut, Kiai Busyro berkomitmen membantu program-program Iksass bila kelak terpilih menjadi Bupati Sumenep. Apalagi beberapa program Iksass dalam melaksanakan tiga wasiat Kiai As’ad yaitu dalam masalah pendidikan, NU, dan ekonomi masyarakat sesuai dengan visi dan misinya. (sah)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah