SMK Ibrahimy I Gelar Pelatihan Jurnalistik

Osis SMK Ibrahimy I pada hari Senin sampai Jum’at ini menggelar Pelatihan Jurnalistik. Pelatihan tersebut digelar untuk mencari bibit-bibit penulis yang akan dimasukkan di majalah “Sensasi”. Di samping itu, untuk menyiapkan kader yang mampu bersaing di dunia luar.

Menurut ketua panitia, Imam Ma’ruf, pelatihan tersebut diikuti oleh siswa kelas X dan kelas XI. Sedang materi pelatihan Jurnalistik tersebut antara lain: “Pengantar Jurnalistik” dan “Penulisan Feature” yang disampaikan dosen matakuliah “Dasar-dasar Jurnalistik” Fakultas Dakwah, Syamsul A Hasan. “Teknik Wawancara” dan “Teknik Penulisan Berita”, disampaikan oleh Drs. Hasan Fauzi Alco, M.PdI. Sedangkan Agus Surya Winata menyampaikan materi “Teknik Penulisan Profil” dan “Manajemen Penerbitan”.

Setelah materi, peserta pelatihan jurnalistik mengadakan praktik lapangan dan kunjungan ke redaksi Radar Jember. Di Radar peserta diajak untuk mengetahui lebih mendalam tata kerja dunia kewartawanan. Kemudian dilanjutkan dengan melihat percetakan Radar.

Dengan pelatihan tersebut diharapkan mampu menghasilkan tenaga-tenaga yang mumpuni di bidang jurnalistik. Apalagi, beberapa alumnus SMK Ibrahimy banyak yang menjadi wartawan. Di antaranya, dua orang di Radar Banyuwangi dan seorang wartawan di Lombok Pos. (sah)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah