SMA dan SMK Uji Kompetenasi Kepesantrenan

Mulai Hari Selasa lalu, seluruh siswi kelas akhir SMA 1 Ibrahimy baik jurusan IPA maupun IPS menghadapi try out selama 3 hari berturut-turut. Khusus program IPA, pada hari pertama para peserta dihadapkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika, pada hari ke II diisi Fisika dan Bahasa Inggris sedangkan hari ke III mata pelajaran Kimia dan Biologi. Sedangkan siswa jurusan IPS pada hari pertama menghadapi mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika, hari kedua diisi Akuntansi dan Bahasa Inggris serta pada hari ketiga pelajaran Geografi dan Sosiologi.

Menurut Kaur Kurikulum SMA Tatok Julianto, M. PdI, rencananya SMA akan melaksanakan try out sebanyak 4 kali. Jenis soal yang diujikan kali ini pun agak berbeda dengan try out dengan beberapa waktu yang lalu, pada try out kemarin menggunakan sistem soal A dan B, tetapi saat ini menggunakan pola warna kuning dan pink.

Sedangkan dalam minggu-minggu ini, siswa kelas akhir SMA Ibrahimy menghadapi ujian kompetensi kepesantrenan berupa ujian membaca kitab kuning. Bagi siswa yang tidak lulus ujian itu konsekwensinya tidak dapat ikut Ujian Nasional

Begitu juga dengan siswa kelas akhir SMK 1 Ibrahimy baik jurusan AP, AK dan TKJ Hari Rabu lalu juga diuji baca kitab. Masing-masing penguji antara lain, Ustadz Sukandi untuk kelas 3 AK, Ustdz. Jauhari kelas 3 TKJ sedangkan Ustadz Baihaqi menguji di kelas 3 AP. Pada Hari Kamisnya siswi kelas akhir SMK 1 Ibrahimy juga dihadapkan dengan ujian baca Al-Quran dan hafalan surat-surat pendek.(She)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah