Serempak Lakukan Shalat Tahajjud


Pengasuh Pesantren Salafiyah Syafiiyah, KHR. Ach. Fawaid As’ad pada kesempatan rapat bulanan awal Januari kemarin, meminta agar pelaksanaan gerak batin santri digelar setiap malam. Disamping itu, Kiai Fawaid juga meminta agar para santri melaksanakan shalat tahajjud setiap malam dan dilanjutkan dengan membaca Al-Qur’an sambil menunggu waktu Jamaah Shalat Subuh tiba.

Intruksi tersebut, akhirnya Malam Selasa kemarin serempak dilakukan oleh para santri baik yang berasrama di pusat maupun cabang. Di Asrama Pusat sendiri, kegiatan itu dibagi menjadi 2 tempat yakni di Masjid Jamik Ibrahimy dan Musallah Ibrahimy. Sedangkan para pendamping di masing-masing tempat itu juga berbeda. Petugas yang mendampingi para santri di Masjid Jamik Ibrahimy adalah ustadz Karsono Abd. Jalil, SHI, Ustadz M. Shaleh Az-Zahrah, S. Ag, serta Takmir Masjid Jamik Ibrahimy dan semua ketua kamar daerah A dan G. Sebagai pendamping santri di Musallah Ibrahimy antara lain, Ustadz Hermanto, Amd., Ustadz Hafidurrahman serta petugas Abbasiyah Musallah dan semua ketua kamar Daerah Sunan Giri sampai Sunan Muriya.

Dalam pantauan Salaf, banyak hal yang dilakukan oleh para santri dalam kegiatan tersebut. Selain digunakan untuk melakukan Shalat tahajjud dan shalat sunah yang lain, sebagian santri juga menggunakan kegiatan itu untuk mengulang pelajaran yang sudah didapat di bangku madrasah. Disela-sela santri melakukan aktifitas ritual, Kabag Kepesantrenan, M. Shaleh Az-Zahrah mengingatkan kembali kepada santri akan manfaat Shalat Sunnah Qobliyah Subuh. (C12)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah