Alumni Harus Tetap Menjaga Hubungan Ruhaniyah


Para santri dan alumni diharapkan tetap menjaga hubungan ruhaniyah dengan almarhum KHR. Ach. Fawaid As’ad. Sebab Kiai Fawaid hanya meninggal secara lahiriyah, tetapi secara ruhaniyah beliau tetap hidup. Bahkan beliau sekarang semakin jelas memahami kehidupan.

Demikian nasihat yang disampaikan KH. Afifuddin Muhajir, Wakil Pengasuh Bagian Ilmiah Pondok Pesantren Sukorejo di hadapan ribuan alumni, malam Jum’at kemarin. Menurut Kiai Afif, hubungan ruhaniyah tersebut dilakukan dengan cara selalu mendoakan beliau dan menjaga semua yang telah digariskan oleh Kiai Fawaid. “Menjaga sesuatu yang telah digariskan Kiai Fawaid, amat penting. Terus terang, saya dulu banyak berbeda pendapat dengan beliau. Tapi sekarang saya tidak berani,” imbuhnya.

Menurut Kiai Afif, dalam kepemimpinan Kiai Fawaid, terdapat kharisma dan manajemen yang baik. Perpaduan kharisma dan manajemen yang baik ini menimbulkan kepemimpinan yang luar biasa.

Di samping itu, Kiai Afif juga meminta alumni menjaga kesantrian dan kekompakan. Kiai Afif menambahkan, peran alumni di tengah-tengah masyarakat adalah mempertahankan identitas kesantrian dan keislaman. Sebab banyak alumni kalau sudah bermasyarakat, lupa akan identitas kesantrian.

Sedang peran Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah (Iksass) adalah sebagai pendorong dan pelindung. Melindungi sesuatu dari luar atau eksternal dan internal. (sah)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah