Ki Ageng Ganjur Bakal Hibur Santri




Grup musik akulturatif, Ki Ageng Ganjur dari Jakarta tidak lama lagi akan menghibur para santri Sukorejo. Itu disampaikan oleh sang leader Al Zastrouw Ngatawi saat bersilaturrahim ke Sukorejo, Rabu kemarin.
Seniman yang juga Ketua Umum Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) milik NU itu mengaku memilih Pesantren Sukorejo sebagai satu-satunya pesantren di wilayah Karesidenan Besuki untuk program pengajian budaya dan konser religi, disamping 7 pesantren lainnya di seluruh wilayah Jawa Timur.
”Kita ingin mengenalkan dunia seni sebagai sarana alternatif bagi pengembangan dakwah kepada para santri. Sebab sekarang fenomenanya para generasi muda dan hampir semua orang sangat menyukai seni. Kalau pintu ini tidak kita masuki, eman, karena justeru akan dimasuki dan dimanfaatkan orang lain diluar NU,” papar mantan sekretaris pribadi Gus Dur yang suka berblankon itu.
Renacananya pengajian budaya dan konser religi tersebut akan dimeriahkan oleh artis-artis Ibu Kota seperti Evi Tamala, Ratna Listy dan Widi Hello. Bahkan Iwan Fals juga akan ditampilkan pada penampilan kedua menjelang satu abad Pesantren Sukorejo. Kegiatan yang akan digelar tanggal 26 hingga 27 Juli tersebut akan diawali dengan pelatihan penulisan kratif santri mulai menulis puisi, cerpen, novel, sampai karya tulis ilmiah. Kemudian dilanjutkan pentas seni yang akan menampilkan kreasi seni para santri baik seni baca maupun seni musik, dialog budaya dan dipuncaki dengan pengajian budaya dan konser religi, di halaman kampus dengan tatanan panggung, lighting dan sound system berdaya 200 ribu watt.
Tidak hanya itu, pihak Ki Ageng Ganjur dengan mengajak PT Djarum juga akan menggelontorkan beasiswa bagi santri sebesar 1,5 juta setiap bulannya selama satu tahun. Nah, anda yang punya bakat menulis dan berkesenian jangan sia-siakan kesempatan emas ini.(nsn)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah