Tarbiyah Akhiri TOR, PBA Seminar Arabic

BEM Fakultas Tarbiyah pada hari jum’at kemarin menutup kegiatan Training Of Teacher (TOR). Dengan mengusung tema “Rekognisi Tridarma Perguruan Tinggi Menuju Transformasi Radikal” acara yang bertempat di depan MI Salafiyah Al-Ikhlas Sodung itu dihibur dengan beberapa penampilan, salah satunya adalah, Hadrah At-Taufiq utusan SMP Sunan Ampel serta penampilan Javen dan Nasyid utusan MI Salafiyah Al-Ikhlas.

Tak mau kalah, Mahasiswi Fakultas tarbiyah juga menampilkan Syarhil Al-Qur’an dan Nasyid Al-Badriyah. Panampilan itu dibawakan oleh Khotimatul Hasanah dan Dwi Ria Astutik. Acara istirahat diisi dengan pembagian hadiah kepada para pemenanag lomba fashion, puisi dan sepak bola assoy serta pemberian cinderamata kepada Kepala Sekolah SDN 2 Sumberejo, SDN 1 Sumberejo, MI Salafiyah Al-Ikhlas dan SMP Sunan Ampel. Usai Sholat Jum’at kegiatan itu dilanjutkan dengan aktifitas jalan santai sambil menempel poster pendidikan di masing-masing Gang di lingkungan Dusun Karangrejo dan Sodung Banyuputih.

Sementara itu, BEM Fakultas Tarbiyah Putri pada Hari Jum’at kemarin juga menggelar Seminar arabic dengan tema “Urgensitas Bahasa Arab Sebagai Bahasa Keilmuan dan Sosial Kemasyarakatan”. Kegiatan itu menghadirkan 3 Narasumber diantaranya, Moh. Hanif, M.Pd.I dengan sub tema “Empat Keterampilan Dasar Bahasa Arab”.

Materi kedua “Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Pada Zaman Klasik Hingga Saat ini” dengan nara sumber KH. Nawawi Thabrani, M.Ag. Sedangkan materi terakhir yaitu “Berbicara & Berkomunikasi Bahasa Arab dengan Fasih” oleh Khoiruddin Habsis, M.HI. Kegiatan itu bertempat di Auditorium Putri. Menurut Gubernur BEM Fakultas Tarbiyah, Faiqoh Ihsaniyah, kegiatan Seminar Arabic itu merupakan rangkaian kegiatan SMART 2010 yang dikhususkan kepada Mahasiswa Tarbiyah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Tentunya agar mahasiswa jurusan PBA menguasai keterampilan Berbahasa Arab yang memadai sebagai alat untuk memperluas wawasan keilmuan, keislaman, seni, budaya dan peradaban. Menurut rencana kegiatan itu akan ditindaklanjuti dengan Study Comparative ke IAIN Sunan Ampel Surabaya.(She)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah