Ra’as, Godok Calon Pengusaha

Masyarakat Ra’as terkenal karena sukses dalam berwirausaha di tempat perantauan di berbagai daerah. Untuk mempertahankan bahkan melebihi pencapaian prestasi itu, Pengurus Rayon Iksass Ra’as menghelat Diklat Kewirausahaan pada Malam Ahad sampai Malam Senin kemarin. Acara yang bertempat di Aula Mini Pusat Iksass itu yang menjadi narasumber, Ust. Mashury, S.Ag dan Ach. Syaikhu, S.Ag. Keduanya merupakan Penasehat Iksass Ra’as yang terbilang sukses dalam meniti karir di bidang bisnis.

Pada malam pertama, Ust. Mashury, S.Ag yang menjadi narasumber banyak menyampaikan tentang dasar-dasar kewirausahaan. Menurutnya, kalau ditinjau dari sisi bahasa, usaha adalah perubahan, misalnya dari buruk menjadi baik, bodoh menjadi pintar, sedikit menjadi banyak. Dalam kaitan ini, menurutnya, kalau berwirausaha berusaha untuk hidup lebih mapan dan sejahtera dari sisi finansial. Dalam kesempatan itu pula ia menyampaikan syarat-syarat menjadi wirausahawan harus mempunyai tiga macam dasar dalam berwirausaha, modal, model, dan doa.

Sementara di malam kedua Ach. Syaikhu, S.Ag menyampaikan tentang Manajemen kewirausahaan. Menurutnya manajemen dalam berwirausaha sangatlah penting sekali. Karena dengan menajemen pengusaha akan tahu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang sering muncul ditataran praktis.

Ketua Panitia Diklat Kewirausahaan, Syaifuddin ditemui setelah acara penutupan Diklat mengatakan cukup puas dengan antusiasme peserta Diklat yang selam dua malam selalu aktif mengikuti Diklat Kewirausahaan. (dar)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah