Manfaatkan Haul dengan Reuni Alumni

Perayaan Haul Almarhumain, KHR Syamsul Arifin dan KHR As’ad Syamsul Arifin tak ingin dilewatkan begitu saja oleh para santri. Menjelang haul, secara serempak para pengurus Iksass memanfaatkan kegiatan tahunan pesantren itu dengan mengadakan reuni alumni. Hal itu seperti yang dilakukan oleh Rayon Iksass Banyuwangi.

Dalam kegiatan tersebut, para pengurus Iksass Banyuwangi mengadakan dialog dengan para alumni. Hal serupa juga dilakukan oleh Rayan Iksass Jember. Seperti biasa, Pengurus Iksass Jember juga mengadakan dialog dengan para alumni. Tak mau ketinggalan, Rayon NTB juga mengadakan hal yang sama. Dalam kegiatan tersebut, santri asal Pulau Seribu Masjid ini juga mengadakan dialog dengan para alumni yang hadir. Sebelum acara dialog, para alumni memberikan nasihat-nasihat kepada para santri. Demikian dengan Iksass Situbondo.

Acara serupa juga diadakan Rayon Sepudi. Para santri mengadakan dialog dengan para alumni. Pada kesempatan itu juga dibahas mengenai rencana kegiatan santri Sapudi pada liburan Ramadan mendatang.

Bukan hanya Iksass yang mengadakan reuni, para pengurus BEMI juga mengadakan kegiatan yang sama. Dalam acara yang yang berlangsung di kantor BEMI itu hadir para Presiden BEM Fakultas dan pengurus Badan Ekskutif Mahasiswa. Sebagai tamu dalam kegiatan tersebut adalah Firman, mantan presiden BEMI priode 2006-2007. Firman menyampaikan beberapa pengalamannya selama jadi pengurus BEM. Dalam kesempatan itu, ia berpesan kepada para pengurus BEM untuk selalu jujur dan sabar dalam memimpin. Menurutnya, dua hal itu harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Lain halnya dengan Iksass Rayon Bali. Pulau Dewata tersebut memeriahkan perayaan Haul dengan khataman Al-Qur’an. Acara yang berlangsung di Mushalla Kediaman Almarhum KH. Dhafir tersebut adalah kerja sama Rayon Bali dengan Ikatan Khuffadz Dewata (Ikhwat). Menurut Ketua Iksass Rayon Bali, Fajri, acara tersebut bertujuan untuk memperkuat ikatan emosional seluruh warga Bali. (aaz/Dar)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah