Nyantri di Sukorejo Karena Ingin dapat Barokah

Sebanyak 42 guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bondowoso, Malam Sabtu hingga Hari Ahad kemarin bertandang ke Pesantren Salafiyah Syafiiyah. Mereka mengadakan kegiatan nyantri semalam di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Kepala MAN Bondowoso, Drs. H. Imam Barmawi Burhan, mengatakan program itu memang seringkali diadakan masdrasahnya semenjak tiga tahun yang lalu. Tahun lalu, pihaknya berkunjung ke Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan.

Lebih lanjut H. Imam mengatakan, tujuan diadakan kegiatan itu untuk memantapkan kembali peran para guru yang memang mempunyai komitmen sebagai pelatih, pendidik, dan orang yang mendoakan murid. “Sebagai pelatih paling tidak kami bisa ikut pelatihan dan work shop, namun untuk mendoakan para siswa, kami harus mencontoh pesantren,”tukasnya.

Selain itu, kedatangan mereka ke Pesantren Sukorejo juga untuk memantapkan kembali nilai-nilai keislaman mereka. “Karena selama ini para guru bergelut dengan dunia formal, sekaranglah saatnya kita menyegarkan kembali pikiran,”tuturnya. Mereka juga ingin nilai lebih dari manfaat dan barokah khususnya bagi para siswa mereka. Karena diyakini bahwa pesantren dapat membuakan semua itu.

Sekedar diinformasikan, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bondowoso menganut sistem seperti Pesantren Asuhan KHR. Ach. Fawaid, artinya antara siswa dan siswi terpisah. Baik tempat, sholat jamaah, kantin, parkir maupun musallahnya.

H. Imam juga menyatakan, hubungan antara MAN I Bondowoso dengan Pesantren Sukorejo tercipta sejak 30 tahun. Saat itu antara ujian siswa MAN I dengan siswa MA Sukorejo bersamaan, bahkan ijazah MA Sukorejo dikeluarkan oleh MAN I Bondowoso. Beliau juga berpandangan, Pesantren Rintisan KHR. Syamsul Arifin ini merupakan pesantren kebanggaan warga Bondowoso. Beberapa masyayih Pesantren Sukorejo sangat memperhatikan kesinambungan waktu. “Itu menjadi ciri khas Pesantren Salafiyah Syafiiyah,” Tukasnya.

Dalam pandangannya, Pesantren Sukorejo juga sangat mengutamakan kebersihan. Terlebih lagi, biaya hidup baik pendidikan maupun keseharian santri sangatlah terjangkau alias murah.(C12)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah