Lepas Ramadhan Santri Baru tak Terbendung

Sejak dimulainya aktivitas di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo mulai 20 September kemarin, setelah liburan panjang Ramadhan, pertambahan santri baru semakin tidak terbendung. Sampai berita ini ditulis, jumlah santri baru yang mendaftar pasca liburan mencapai 200 orang lebih baik putra maupun putri yang datang dari berbagai pelosok Nusantara.
Menurut Ketua Panitia Penerimaan Santri Baru, Drs. Anwar Musthafa, jumlah santri baru untuk tahun ini sudah mencapai 1.600 lebih. Angka tersebut masih belum termasuk calon mahasiswa baru yang diperkirakan berdatangan mulai hari ini, Jum’at 24 September 2010. Karena rata-rata para pendaftar santri baru didominasi oleh lulusan SD dan SLTP. Di samping itu, menurut Mustofa, pendaftaran santri baru masih tinggal 16 hari, yaitu akan ditutup tanggal 9 Oktober 2010. Meski demikian perkuliahan tahun akademik sudah dimulai sejak tanggal 21 September kemarin.
Menurut data yang dihimpun Salaf, santri baru tahun ini yang berasal dari Kabupaten Situbondo, Banyuwangi dan Sumenep mendominasi dan menempati pertama, kedua dan ketiga untuk Pulau Jawa. Sedangkan dari luar Pulau Jawa, didominasi oleh santri baru yang berasal dari pulau Dewata Bali.
Kepala Bagian Humas, Drs Hasan Fawzy Alco, M.Pd.I, menjelaskan, dominasi santri baru dari luar Pulau Jawa khususnya dari Bali, menunjukkan fenomena yang sangat menggembirakan, karena semakin menunjukkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan Islam di Pulau Seribu Arca itu semakin meningkat. Hal itu ditandai dengan hampir meratanya santri baru yang berasal dari hampir semua kabupaten yang ada di Pulau Bali, berbeda dengan tahun-tahun lalu yang hanya didominasi dari tiga kabupaten, yaitu Buleleng, Denpasar, dan Negara. (nsn)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah