Panitia Maulid Rapatkan Barisan

Perayaan Maulid Nabi sudah diambang pintu. Kali ini Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah akan merayakan kelahiran Rosul tanggal 27 Pebruari 2010, artinya perayaan rutin itu akan digelar sehari dari biasanya. Namun demikian, Malam Rabu kemarin, Panitia Maulid Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah melakukan pertemuan. Dalam rapat yang bertempat di Kantor Pusat Pesantren itu membahas beberapa permasalahan yang terkait dengan perayaan Maulid.

Yang menjadi pokok pembahasan yang paling mendesak mengenai perlombaan. Menurut rencana perlombaan Malulid akan dibuka pada tanggal 08 Pebruari mendatang. Menurut rencana pembukaan perlombaan umum dan Musabaqoh Tilawatil Quran akan dibersamakan. Ketua Panitia Maulid Nabi, M. Shaleh Az-Zahrah, S. Ag. mengharapkan, agar perlombaan kali benar-benar merata, dalam artian tidak hanya didominasi oleh madrasah saja. Karena saat ini, khususnya perlombaan umum terkesan didominasi oleh madrasah saja, buktinya perlombaan yang digelar berkutat di perlombaan kitab dan cerdas cermat yang pelajarannya dari madrasah bukan sekolah.

Selain itu, kegiatan hajian pra acara Maulid Nabi juga turut dibahas. Menurut Koordinator Hajian, Thohir Qulubana, pelaksanaan hajian yang rutin dilakukan setiap tahun kali ini akan diformat berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini peserta akan dibedakan dengan daerah asal asrama masing-masing. Nantinya akan ada sekitar 10 kelompok. 9 kelompok dari asrama pusat dan asrama cabang ada 1 kelompok saja.

Penting untuk diketahui, rangkaian Maulid kali sama dengan tahun yang lalu, dialog wali santri, pengurus pesantren dan pengasuh akan dilaksanakan setelah Shalat Jum’at tepatnya tanggal 26 Pebruari 2010. Sedangkan Malam harinya akan diselenggrakan peringatan Maulid Nabi untuk santri. Khusus santri putra akan terselenggara di Aula Putra dengan penceramah Habib Hasyim Kamal dari Banyuwangi. Sedangkan santri putri bertempat di Kompleks Putri dengan penceramah KH. Abdullah Syamsul Arifin.

Puncak perayaan Maulid akan terselenggara pada tanggal 27 Pebruari 2010. Hadir sebagai penceramah Dr. Imam Mawardi, Prof. Dr. KH. Said Aqil Sirajd dan Menteri Agama RI, Drs. Surya Dharma Ali, MSI. (C12)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah