Akhir Perjalanan Pak Fadlil, Sang Pencipta Mars IAI Ibrahimy

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, telah wafat Drs. M. Fadil Rs, M.Pd, Dosen Fakultas Dakwah IAI Ibrahimy. Beliau meninggal di Tretes setelah workshop. Semoga amal ibadahnya diterima oleh-Nya.

Pesan singkat tersebut, saya terima pada hari Selasa siang, 1 Desember 2009 dari Wisri Wahid, Dekan Fakultas Dakwah. SMS tersebut sangat mengagetkan saya.

Pak Fadlil, demikian sapaan beliau, selama ini dikenal sebagai dosen Fakultas Dakwah. Ia mengajar beberapa matakuliah Psikologi dan Bimbingan dan Konseling (BK). Pengalamannya selama bertahun-tahun menjadi guru BP di SMA yang membuatnya dipercaya mengampu matakuliah tersebut. Bahkan beliau dipercaya sebagai pengasuh psikologi di sebuah acara di Radio Bhasa FM.

Di mata mahasiswa, Pak Fadlil dikenal sebagai dosen yang teliti, tekun, dan disiplin. Ketelitiannya tersebut dapat dilihat pada setiap tugas mahasiswa selalu dibaca dan dikoreksinya. Apalagi ketika beliau membimbing skripsi mahasiswa.

Ketekunan dan kedisiplinannya beliau tunjukkan kepada mahasiswa. Kalau waktunya mengajar, beliau tetap setia mengajar walau yang hadir hanya segelintir mahasiswa. Beliau dikenal sebagai salah satu dosen yang konsisten.

Pak Fadlil juga dikenal sebagai orang yang piawai memainkan piano. Barangkali, karena ia pernah menjadi guru kesenian di SMP Ibrahimy. Beliau mengaku lebih banyak belajar otodidak dalam bidang musik.

Hampir semua mahasiswa IAI Ibrahimy hafal lagu Mars IAII. Lagu tersebut selalu menggema ketika acara wisuda, Oscar, atau acara-acara IAII lainnya. Namun, barangkali tak semua mahasiswa mengetahui siapa pencipta lagu yang amat populer tersebut. Padahal penciptanya; Pak Bisri Djalil dan Pak Fadlil (keduanya, dosen tetap Fakultas Dakwah).

Beberapa saat setelah acara Wisuda IAII, Pak Fadlil pernah mengutarakan keprihatinannya. Sebab beberapa irama Mars IAII tersebut dirasakannya, telah berubah dari asalnya. Kemudian ia berusaha meluruskan. Beliau pun lalu mengisahkan sejarah pembuatan lagu Mars IAII.

Beberapa hari menjelang Wisuda IAII, beliau diminta bantuan oleh Pak Bisri untuk ikut membantu membuat lagu Mars IAII. Lagu tersebut rencananya, akan ditampilkan pada acara wisuda. Maka, kedua beliau tersebut selama beberapa hari membuat syair dan aransemennya.

Penuturan Pak Fadlil ini, membuat saya --saat itu-- tertarik untuk mengungkap lebih mendalam tentang kisah Mars IAII. Saya berencana, minimal membuat tulisan serial tentang Mars IAII di Salaf. Saya juga berencana mewawancarai Pak Bisri Djalil. Sayang sebelum rencana tersebut terlaksana, Pak Fadlil sudah meninggal dunia. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, selamat jalan Pak…. (sah)

Artikel Terkait:

 

Powered by Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah